FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEIKUTSERTAAN SUAMI MENJADI AKSEPTOR KB DI DESA SUMBER AGUNG JETIS BANTUL

Niken Setyaningrum, Fitria Melina

Sari


Latar Belakang : Keluarga berencana adalah usaha untuk mengukur jumlah dan jarak anak yang diinginkan. Partisipasi pria dalam ber-KB masih sangat rendah yaitu sekitar 1,3 %. Angka tersebut bila dibandingkan dengan negara-negara berkembang lainnya seperti Pakistan 9%, Banglades 18% dan Malaysia 16,8% adalah yang terendah.


Tujuan Penelitian : Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keikutsertaan suami menjadi akseptor KB di Desa Sumber Agung Jetis Bantul.


Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan survey analitik dengan desain Cross Sectional. Populasi yang digunakan adalah semua pria pasangan usia subur yang ada di Desa Sumber Agung Jetis Bantulsebanyak 1074 orang dan sampel berjumlah 291, diambil dengan metode statifed proportional random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner.


Hasil Penelitian : Ada hubungan antara tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi dan informasi dengan keikutsertaan suami menjadi akseptor keluarga berencana KB di Desa Sumber Agung Jetis Bantul.


Kesimpulan : Ada hubungan antara tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi dan informasi dengan keikutsertaan suami menjadi akseptor keluarga berencana KB di Desa Sumber Agung Jetis Bantul. Faktor paling dominan yang berpengaruh dengan keikutsertaan suami menjadi akseptor KB di Desa Sumber Agung Jetis Bantul adalah Tingkat Ekonomi


Kata Kunci : tingkat pengetahuan, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi, informasi, keikutsertaan KB


Teks Lengkap:

pdf

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.