DUKUNGAN KELUARGA BERPERAN PENTING DALAM PENCAPAIAN PERAN IBU PRIMIPARA

Yanita Trisetyaningsih, Afi Lutfiyati, Anto Pamungkas Kurniawan

Sari


Latar Belakang:Pencapaian peran ibu sebagai suatu proses dimana seorang ibu dapat mencapai kemampuannya dalam menjalankan perannya sebagai ibu, mengintegrasikan perilaku keibuannya sampai mereka menemukan peran baru dimana mereka mencapai kepercayaan diri, dan keselarasan dengan identitas barunya. Dukungan keluarga adalah sebuah proses yang terjadi sepanjang masa kehidupan, sifat, dan jenis dukungan berbeda dalam berbagai tahap-tahap siklus kehidupan.

Tujuan:Diketahuinyahubungandukungankeluargadenganpencapaianperanibuprimipara.

Metode:Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Pengambilan sampel dengan accidental sampling, besar sampel 31 responden. Analisa data menggunakan instrument dukungan keluarga, instrument pencapaian peran ibu.

Hasil: Hasil perhitungan statistic menggunakan ujiSpearman Rank diperoleh hubungan p-value sebesar 0,001 (p<0,005) yang artinya bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan pencapaian peran ibu.

Kesimpulan: Hubungan antara dukungan keluarga dengan pencapaian peran ibu primipara di Wilayah Kerja Puskesmas Ngaglik II, Sleman, D.I.Yogyakarta signifikan p-value sebesar 0,001 (p<0,005).

Kata Kunci: Dukungankeluarga, Pencapaianperanibu,Primipara


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.