HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG TEKNIK MENYUSUI BENAR DENGAN PERILAKU MENYUSUI PADA IBU NIFAS

Ina Kuswanti, Intan Puspitasari

Sari


Latar Belakang: Pada tahun 2011, cakupan ASI eksklusif di DIY mencapai 40,2 dan pada 2012 menjadi 46,4%. Salah satu penyebab rendahnya kesuksesan dalam menyusui adalah disebabkan karena kesalahan ibu dalam memposisikan dan meletakkan bayi saat menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui perlu diberi penjelasan tentang pentingnya pengetahuan dan cara menyusui yang benar.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan pengetahuan tentang teknik menyusui benar dengan perilaku menyusui pada ibu nifas di BPS Sri Romdhati Semin Gunungkidul.


Metode: penelitian ini merupakan jenis survey analisis dengan pendekatan cross sectional. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner tertutup dan lembar observasi yang menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Populasi penelitian adalah 68 ibu nifas dan sampel penelitian sejamlah 40 responden menggunakan purposive sampling. Metode analisa data menggunakan analasia biavariat dan korelasi Kendall-Tau.


Hasil: Sebagian besar pengetahuan ibu nifas tentang teknik menyusui benar di BPS Sri Romdhati Semin Gunungkidul berada dalam kategori cukup (55%) dan sebagian besar perilaku menyusui ibu nifas di BPS Sri Romdhati Semin Gunungkidul berada dalam kategori cukup (70%). Ada korelasi antara pengetahuan ibu nifas tentang teknik menyusui benar dan perilaku menyusui ibu nifas di BPS Sri Romdhati Semin Gunungkidul dengan nilai korelasi Kendall-Tau = 0,475 dan korelasi tabel = 0,312 dengan Sig. = 0,001 (α=0,05).


Kesimpulan: terdapat hubungan signifikan antara pengetahuan tentang teknik menyusui benar dengan perilaku menyusui pada ibu nifas di BPS Sri Romdhati Semin Gunungkidul.


Kata kunci: pengetahuan, perilaku, teknik menyusui benar, ibu nifas


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.