EVALUASI EFEKTIVITAS PELATIHAN PENANGANAN GAWAT DARURAT OBSTETRI DAN NE-ONATUS (PPGDON) DI PROGRAM STUDI D-IV BIDAN PENDIDIK FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA

Vitrianingsih Vitrianingsih, Nur Khasanah

Sari


Latar Belakang. Berdasarkan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) 2012 Angka Kematian Ibu (AKI) Indonesia sebesar 359 per 100.000 kelahiran hidup, sedangkan Angka Kematian Bayi (AKB) sebesar 36 per 1.000 kelahiran hidup dan Angka Kematian Neonatus (AKN) adalah sebesar 19 per 1.000 kelahiran hidup. Kemampuan kinerja tenaga kesehatan berdampak langsung pada peningkatan kualitas pelayanankesehatan maternal dan neonatal terutama kemampuan dalam mengatasimasalah yang bersifat kegawatdaruratan. Untuk dapat memberikan asuhan yang tepat dan benar diperlukan bidan yang terampil dan professional dalam menangani kondisi kegawatdaruratan.
Tujuan. Mengevaluasi efektivitas PPGDON di Program Studi D-IV Bidan Pendidik Universitas Respati Yogyakarta.


Metode. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen, berupa One Grup Pre test -Post test Design. Pendekatan yang digunakan prospektif. Sampel penelitian adalah peserta pelatihan PPGDON sejumlah 200 orang. Teknik sampling total sampling. Instrumen penelitian berupa master tabel hasil rekapitulasi nilai pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan. Analisa data univariat dan bivariat menggunakan paired t-test.


Hasil. Rata-rata nilai pengetahuan sebelum mengikuti pelatihan adalah (46,52) dan setelah mengikuti pelatihan (69,02) sedangkan rata-rata nilai Keterampilan setelah mengikuti pelatihan adalah (80,69). PPGDON efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan dengan P-value 0,001.


Kesimpulan. PPGDON efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta pelatihan di Program studi D-IV Bidan pendidik Universitas Respati Yogykarta


Kata kunci : Efektivitas, Pelatihan,PPGDON


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.