HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP PENCEGAHAN HAND, FOOT AND MOUTH DISEASE (HFMD) PADA IBU BALITA DI PERENGDAWE DESA BALAICATUR GAMPING SLEMAN

Sri Handayani

Sari


Latar Belakang:Menurut data WHO,2012 penyebaran HFMD (hand, foot and mouth disease) pada balita terjadi di beberapa negara,penyakit ini menginfeksi 104 anak-anak dalam 3,5 bulan. Di Indonesia beberapa kasus balita yang teridentifikasi HFMD) belum didata secara lengkap oleh kementrian kesehatan Indonesia.Beberapa pasien yang mengalami HFMD, berakhir dengan fatal (meninggal).Peran seorang ibu sangat penting, dalam upaya pencegahan HFMD pada balita.Oleh karena itu pengetahuan tentang HFMD sangat diperlukan oleh ibu agar balita tidak mengalamiHFMD.Pengetahuan tentang HFMD merupakan faktor penting terbentuknya sikap dan perilaku ibu dalam pencegahan HFMD.
Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dengan sikap pencegahan hand, foot and mouth disease (HFMD) pada ibu balita di Perengdawe Desa Balaicatur Gamping Sleman.


Metode Penelitian:Rancangan penelitian adalah non eksperimen atau survey analitik dengan pendekatan cross sectional yang dilakukan pada bulan April 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki balita di Perengdawe Desa Balaicatur Gamping Sleman.Teknik pengambilan sampel menggunakan randome sampling, didapat 38 responden. Analisa data yang digunakan adalah chi square .


Hasil Penelitian: Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap pencegahan hand, foot and mouth disease (HFMD) pada ibu balita di Desa Balaicatur Gamping Sleman, dengan nilai chi-square sig, P < 0,05.


Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap pencegahan hand, foot and mouth disease (HFMD) pada ibu balita di Perengdawe Desa Balaicatur Gamping Sleman.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.